Ikuti Kami Di Facebook

JENIS ROH ALAM

CINUNUK:

             cimanuk merupakan memedi berbentuk binatang besar dan jahat.mereka bersal dari hutan-hutan.mereka berkeliaran dan banyak merusak pepohonan dan tanaman yang ada.dengan cara ini meraka mempersulit atau menghalangi orang-orang yang sedang mencari kayu atau tumbuh-tumbuhan di hutan.bagi manusia memedi ini sangat di takuti karena sangat berbahaya.dengan memberikan sesaji kepada mereka dan bisa mencoba menyenagkan agar tidak menggangu lagi.

KORO KAMILIS:

                    koro kamilis adalah pembantu para pencuri atau para pelanggar hukum.biasanya mereka berbentuk sesosok kerbau,namun sering juga berbentuk sebagai oarang yang sudah menikah dengan maksud untuk menipu istri dari seorang suami sesungguhnya.

            
DADUNG DAWUS:

                        mereka adalah pelindung binatang kelompok rusa.cara kerja mereka adalah dengan menampakan diri dalam bentuk rusa dan menggiring pemburu ke arah yang menjauh dari kelompok rusa yang sesungguhnya.

POTOK:

             Potok adalah memedi yang secara kusus membawa panyakit kepada binatang sapi dan kerbau.termasuk panyakit limpa dan penyakit campak pada sapi hingga membuat petani dan peternak putus asa.memedi ini sering berdiam di rawa-rawa dan daerah yang lembab.mereka menampakan diri sebagai uap-uap yang tebal.dan bila mana ternak masuk kesana,uap ini akan masuk kedalam tubuh mereka dan menyebabkan bibit penyakit yang dibawanya serta.oleh karena itu,potok sangat di takuti.

SAWAN DAN SARAP:

                             Sawan atau sarap dua jenis memedi ini pengoda terutama bagi anak-anak kecil dan orang-orang dewasa yang lemah.keduanya tidak tampak dan tidak mempunyai wujud kusus hingga mudah untuk masuk kedalam badan orang hingga tidak dapat di baca.sawan merupakan penyebab penyakit kejang atau sawan kepada anak-anak.dan gejala pingsang kepada orang yang sudah lanjut usia.akan tetapi,sawan juga dapat menyerang seorang anak kecil selagi berada di pangkuan ibunya. dan tidak jarang menjadi penyebab penyakit kulit pada anak-anak kecil yang berupa keringet buntet dengan bintik-bintik merah.
                    Sarap juga dapat menampakan diri terhadap anak-anak sehingga pada tubuh mereka muncul bercak merah-merah tebal yang di sertai dengan kembunya perut serta kejang-kejang.sarap kusus mengoda anak-anak kecil,sedang sawan juga mengoda orang dewasa.keduanya barbahaya,karena itu,pada waktu-waktu tertentu orang jawa membakar kemenyan sebagai sesaji terhadap mereka.


MAJUSI:

             Majusi adalh penampilan dari sifat buruk dan penggoda manusia dengan cara ingkarnasi untuk sementara di dalam tubuh seseorang yang sedang di cobanya.sebagai akibatnya,bersifat baik dapat menjadi berperangkai buruk.

JENIS ROH ALAM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fajar

Baca Juga