Ikuti Kami Di Facebook

RITUAL BULAN SURO

Sadranan secara umum adalah bentuk ritual melalui doa dan sedekahan(umbo rampe makanan),yang di maksudkan untuk mendoakan arwah atau orang-orang yang telah meninggal.bulan pelaksanaan bervareasi menurut daerah.ada yang bulan muharram(suro),safar,dan yang terbanyak bulan sya"ban(ruwah).             
                  Tentu bahwa efek dari doa tersebut akan memberikan pembalikan energi,yang akan mengenai para pelakunya.artinya,dengan mendoakan mereka yang telah meninggal,maka yang melakukan doa akan mendapatkan efek balik energi positif bagi kehidupanya.
            Masyarakat muslim jawa melakukan ritual berkirim doa dan pahala bagi yang telah meninggal,terutama pada bulan-bulan khusus,yaitu,bulan muharram(suro),bulan sya"ban(ruwah) dan bulan sawal(lebaran).
                      Bulan syaban dalam khazanah ke islaman indonesia juga bisa di sebut dengan nama bulan ruwah atau bulan arwah,yakni, suatu nama bulan yang menjadi milik atau hak bagi para ruh yang sudah meninggal,dan berada dalam penantian batas dunia dan ahirat.
         Sehubungan dengan penyebutanya sebagai bulanya para ruh itulah,maka masyarakat islam jawa memiliki berbagai tradisi yang cukup khas.yang mewarnai ritus-ritus kultural maupun keberagamaan islamnya.
                Upacara yang sangat umum di lakukan oleh masyarakat islam(di jawa pedalaman kususnya) adalah apa yang di sebut dengan nyadran atau sadranan.tradisi ini adalah ritus rohani,di mana orang-orang yang memiliki anggota keluarga yang sudah meninggal sama-sama membawa sejumlah jenis makanan ke kompleks pemakaman,untuk kemudian di tukar antara satu dengan yang lain.
      Menurut tradisi masyarakat,upacara sedekahan ini di dahului dengan prosesi doa bersama(tahlil doa bagi arwah) memintakan pengampunan dosa bagi arwah masing-masing,lalu sedekah di maksudkan,agar pahala sedekah keluarganya juga dilimpahkan kepada para arwah yang berada di alam barzah.jadi,inti sadranan itu sendiri adalah sebenarnya kirim doa dan pahala amal untuk si mati.

RITUAL BULAN SURO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fajar

Baca Juga