Ikuti Kami Di Facebook

CARA MENYAPIH BAYI

Menyapih idealnya di lakukan ketika usia bayi telah mencapai dua tahun.akan tetapi,ibu-ibu jaman sekarang cenderung menyapih bayinya lebih awal,bahkan ada yang menyapih bayinya sejak lahir.hal tersebut mungkin di sebabkan banyak pertimbangan.meskipun demikian,asi tetaplah asupan paling ideal untuk tumbuh kembang bayi.
  Dalam adat jawa,untuk menyapih bayi sering di lakukan ritual tertentu yang akan di bahas seperti pembahasan di bawah ini.

 MINUMAN UNTUK PROSESI BAYI YANG DI SAPIH

 - Minuman untuk bayi yang akan di sapih atau lazim di sebut dengan cekokan biasanya terbuat dari kunyit,tawas,ketumbar dan air secukupnya.bahan-bahan tersebut di tumbuk halus kemudian di peras dan di saring,ampas dari bahan-bahan yang telah di tumbuk tadi dapat di manfaatkan untuk di olesi pada bagian perut bayi setelah sebelumnya di campur sedikit dengan kapur sirih.

- Minumman lain yang perlu di siapkan pula adalah minuman yang terbuat daun dadapsrep yang sudah kering dan babakanya.bahan-bahan tersebut kemudian di rebus dengan di tambahkan air rebusan secukupnya.air rebusan tersebut yang berguna untuk di minumkan ke bayi.

BEDAK UNTUK PROSESI BAYI YANG DI SAPIH

- Dalam proses menyapih bayi,ada bedak yang harus di oleskan pada bayi.bedak tersebut terbuat dari nasi,daun dadapsrep,dan sedikit garam.bahan-bahan tersebut kemudian di tumbuk hingga halus.

PROSES MENYAPIH ADAT JAWA

- Siapkan belanga berisi air kembang setaman dan jangan lupa belanga tersebut di lapisi tape ketan.taruh belanga di bawah pohon pisang,dan kemudian bayi da bawa ke pohon pisang tersebut.

- Setelah berada di bawah pohon pisang,kemudian bayi di gendong mengelilingi rumah 3 kali putaran.

- Kemudian benturkan kepala anak secara perlahan(hanya untuk sebagai syarat saja) sebanyak 3 kali sambil mengucapkan" sang wewe putih,kowe dak opahi tape sapangaron,naging janji biso nyapih si jabang bayi,ojo nganti nagis".

- Lalu bayi di cekoki dan di beri minum,baru kemudian bayi di mandikan dengan air kembang setaman yang telah di siapkan tadi.dan setelah di mandikan,si bayi di beri bedak.

CARA MENYAPIH BAYI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbah jenar,Pengasuh Padepokan Gunung Jati

Baca Juga