Selamat Di Situs Resmi Pedepokan gunung Jati(Asuhan langsung Sesepuh Mbah Jenar).Tulisan ini Hanya sebagai wejangan semata.Ambil sisi Positifnya saja.

Padepokan Gunung Jati

SAJEN TUMPENG MEGANA

Sajen tumpeng megana di adakan sebagai perwujudan makna bahwa manusia awalnya secara fisik tidak ada di dunia.namun,roh sucinya sudah ada dan berada di sisi sang ilahi.
  Munculnya manusia ke dunia sebagai tanda ada kehidupan yang nyata.Wujud tumpeng megana di dasarkan pada latar belakang mitologis yang terdapat pada suatu dalam adiparwa bagian mahabrata.
   Umborampe dalam tumpeng megana merupakan wujud perupamaan gunung meru yang telah di putar oleh dewa siwa.kacang panjang yang melilit tumpang di ibaratkan naga anantaboga yang di pakai dewa siwa untuk memutar gunung meru/
     Lauk pauk dan sayuran di ibaratkan isi lautan yang mengelilingi gunung meru,bawang merah dan cabai merah di atas tumpeng di ibaratkan api yang menjilat-jilat ke angkasa akibat gunung meru yang di putar dewa siwa.
   peristiwa dalam cerita ini oleh orang-orang hindu pada masa itu di wujudkan dalam bentuk tumpeng.Tumpeng(nasi [putih yang di buat berbentuk kerucut) di lilit kacang panjang yang sudah di masak,melingkar sampai pincak tumpeng,di atas tumpeng di beri bawang merah dan cabai merah
     Di kanan kiri tumpeng terdapat sayur-sayuran dan lauk pauk yang sudah masak,macam sayur antara lain:kacang panjang,wortel,kubis,daun mlinjo,kecambah,daun bayam,dan daun singkong.
    Macam-macam lauk pauk antara lain:tempe goreng,ayam goreng,ikan asin,dan telur ayam yang sudah masak.
    Tumpeng dan beserta kelengkapanya itu di letakan di atas tampah yang beralaskan daun pisang.begitu pula untuk sesajen lainya.
                        Semoga bermanfaat.

Baca Juga