Ikuti Kami Di Facebook

SELAMATAN PENGANTIN

Dalam setiap melaksanakan kegiatan,biasanaya terdapat selamatan.selamatan di sini bertujuan untuk menolak bala dan mengharap keselamatan sehingga hajat yang akan di lakukan berjalan dengan lancar.
  Demikian pula dalam melaksanakan Hajat pernikahan juga di kenal dengan adanya selamatan.
        Dalam acara selamatan pengantin juga terdapat makanan yang di sajikan untuk persembahan.adapun jenis-jenis makanan itu antara lain:
1.nasi golong lulut: yaitu sejenis nasi putih yang di kepal-kepal kemudian di bungkus dengan telur dadar dan jangan di beri alas.

2.nasi wajar: yaitu nasi putih dengan berbagai jenis sayuran matang,dan telur rebus(kesemuanya tanpa ada rasa garam).Nasi wajar di persembahkan dengan maksud dan tujuan untuk memohon ketentraman.

3.Nasi gebuli: dengan lauk telur rebus,ikan goreng/daging,bawang merah yang di goreng utuh,kopi seduh, makanan tersebut di persembahkan untuk syeh abdulkadir jaelani.

4.Nasi kuning yang di sajikan pada saat hari akad nikah kedua pengantin.

5.tumpeng robyong dan tumpeng gundul: tumpeng robyong yaitu tumpeng yang pada puncakya di beri telur rebus dengan kulitnya.terasi bakar,bawang merah dan cabai(bahan-bahan tersebut di tusuk menjadi satu dengan satu bumbu).di sekitar tumpeng itu di beri aneka macam-macam sayuran matang(kuluban).berbeda dengan tumpeng robyong,tumpeng gundul berisi nasi putih tanpa lauk-pauk.kedua jenis tumpeng tersebut di persembahkan untuk memohon keselamatan selamanya.

6.bubur: bubur yang terdiri 3 macam.yaitu bubur piringan,bubur palang,dan bubur kuning.bubur piringan yang terdiri dari bubur merah putih yang di letakan berdampingan.bubur palang,yaitu bubur merah yang di tumpahi dengan bubur putih dengan posisi melintang.bubur bening atau ada yang mengatakan sebagai bubur sungsum.bubur bening terbuat dari tepung beras dan di lumuri santan.bubur ini di tunjukan untuk abu bakar,usman,umar,dan Ali.

MAKANAN KECIL DAN LAIN-LAIN:

1.kue apem,ketan,kolak.Makanan ini di sajikan dan di persembahkan untuk para leluhur sebagai bentuk penghargaan dan bakti dari yang masih hidup.

2.ketan salak di persembahkan untuk kanjeng penembahan senopati.

3.ikan bakar,hati sapi bakar,dan candu untuk di persembahkan pada pelindung gilang.

4.kolak kencana.yaitu kolak yang berisi pisang emas utuh dengan kulitnya.hal tersebut di lakukan sebagai persembahan untuk kanjeng ratu kidul.

5.ketan salak dan pindang telur ayam kampung yang di persembahkan untuk kanjeng sultan agung.

6.ketan kuning yang di tutup atas bawahnya dengan telur dadar dan jangan lupa di sertai dengan enten-enten(campuran parutan kelapa dan gula merah).makanan ini di ssajikan sebagai persembahan untuk panembahan bodho.

7.ketan lima warna.(merah,hujau,kuning,putih,dan biru)dalam hal ini,warna bisa di rekreasi asalkan memiliki warna yang berbeda.hal itu sebagai perlambang jenis-jenis logam,seperti besi,emas,dan sebagainya.

8.sayur padhmara/jangkong.yaitu sayur kangkung memakai daging dengan berbagai macam bumbu.jangkong yaitu tepung beras di campur dan di aduk dengan sedikit air kapur,di isi dengan gula jawa,kemudian di bungkus dan di kukus.jenis makanan tersebut di persembahkan untuk memohon kerukunan dan kedamaian yang abadi.

SELAMATAN PENGANTIN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fajar

Baca Juga