Ikuti Kami Di Facebook

WATAK KELAHIRAN

Tiap kelahiran seseorang,pada umumnya membawa sifat dan watak masing-masing.watak dan sifat itu berbeda satu dengan yang lainya.bahkan watak dan sifat seseorang itu juga bisa di bedakan karena silsilah waktu lahirnya.
    Lahir ketika matahari sedang tergelincir ke barat,menjadi berbeda dengan kelahiran dengan matahari yang terbit ke ufuk timur.
              Sifat dan watak itu nyaris tak bisa di ubah,kecuali hal-hal yang sangat luar biasa.
Dalam petung jawa,di kenal hitungan hari sebanyak tuju,sedang hitungan pasaran sebanyak lima yang di awali Kliwon.legi,pahing,pon dan wage.
  Oleh sebab itu, masyarakat jawa percaya dengan petung,yang membuat akibat keselamatan apabila ia memutuskan sesuatu,misal berpergian,menikahkan anak,pindah rumah,perjodohan atau mulai membangun rumah.
       Petung di lakukan agar keselamatan selalu datang dan bukan sebaliknya pengaruh yang bisa di hubungkan dengan hari pasaran jawa.empat mata angin,timur,selatan,barat dan utara dan di tambah keberadaan roh dalam jasad pada posisi tengah,akan sama jumlahnya dengan hari pasaran.
  Hari-hari pasaran itu di percaya masyarakat memiliki dampak baik dan buruknya,misalnya akan bisa mempengaruhi seseorang bila melakukan pekerjaan penting atau kegiatan besar.artinya,di luar hari dan pasaran yang di sebut taliwangke dan samparwangke adalah hari-hari yang di nilai baik.
          Tentang kelima pasaran,yang di kaitkan dengan empat penjuru mata angin dan posisi tengah itu,ada keberadaan kehidupan manusia dalam dunia nyata dan dunia gaib.
 Dunia gaib maksudnya dunia sesudah mati.dari sifat yang memiliki oleh setiap arah dan pasaran,maka hari pasaran yang pertama kali adalah kliwon.
       Pasaran kliwon di yakini arahnya sama dengan posisi tengah yang memiliki sifat batu,sifat manusia yang keras,sering di ibaratkan sebagai batu.
  Manusia yang memiliki sifat batin seperti kerasnya batu,akan menjadi arah pancer sebagai sifat dasar pada dirinya sendiri.
     Pancer ini merupakan roh manusia yang memang akan selalu ada dan di hembuskan dalam tengah-tengah jasad manusia.sehingga manusia tersebut hidup dan lahir ke bumi.
Adapun manusia yang lahir pada pasaran kliwon ini bisa di ibaratkan batu,yakni memiliki sifat keras,kuat dan berbobot.

WATAK KELAHIRAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbah jenar,Pengasuh Padepokan Gunung Jati

Baca Juga